Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Articles

Pengembangan dan Validitas Instrumen Tes Diagnostik Kemampuan Matematika pada Materi Listrik Magnet

Hari Anggit Cahyo Wibowo
STKIP Al Hikmah Surabaya
Faiz Hasyim
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya
Ahmad Iqbal Majid
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya
Firman Ma'ruf
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya
Published October 27, 2019
Keywords
  • pengembangan, validitas, instrumen tes diagnostik, kemampuan matematika, lisrik magnet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik matematika yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan matematika calon guru fisika. Hal ini penting karena untuk memahami konsep fisika, mahasiswa memerlukan kemampuan matematika sebagai bahasa dalam menterjemahkan permasalahan fisika. Instrumen tes diagnostik ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan four-D. Ada empat langkah penelitian ini: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Proses validasi instrumen ada dua yaitu validasi ahli (ahli matematika, ahli fisika, dan ahli evaluasi) dan validasi empiris. Tiga validator ahli merekomendasikan ada 68% soal tes yang valid tanpa revisi, dan 32% harus direvisi. Berdasarkan hasil validasi empiris, sebesar 70% instrumen tes diagnostik matematika valid dan reliabel yang ditunjukkan dengan nilai alpha sebesar 0,729.