Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Articles

Pemahaman konsep mahasiswa dalam menentukan posisi, jarak tempuh, dan perpindahan

Indah Dwi Handayani
Shofiatul Lailiyah
Muhammad Reyza Arief Taqwa
Published October 27, 2019
Keywords
  • pemahaman konsep, posisi, jarak tempuh, perpindahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan mengungkap kesalahan  konsep mahasiswa dalam menentukan posisi, jarak tempuh, dan perpindahan pada gerak dua dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Subjek penelitian ini terdiri atas 50 mahasiswa baru S1 Pendidikan Fisika dan S1 Fisika Univeristas Negeri Malang. Instrumen penelitian terdiri atas 8 soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep mahasiswa terkait posisi, jarak tempuh, dan perpindahan masih tergolong relatif rendah ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor yang hanya mencapai 43,48. Terdapat beberapa kekeliruan mahasiswa dalam menjawab soal, diantaranya: (1) posisi merupakan besaran skalar, (2) perpindahan merupakan besaran skalar, (3) perpindahan merupakan jumlah posisi  setiap waktu, (4) tidak memperhatikan tanda + dan – pada konsep posisi dan perpindahan, dan (5) kesulitan dalam menafsirkan grafik hubungan antara posisi dan waktu.