Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Articles

Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru pada Topik Usaha dan Energi melalui Representasi Grafik

Alif Darmawan
Universitas Negeri Malang
Zazha Ramadhana Putri Hadi
Universitas Negeri Malang
Agus Suyudi
Universitas Negeri Malang
Published October 27, 2019
Keywords
  • Pemahaman konsep, usaha dan energi, grafik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada topik usaha dan energi melalui representasi grafik. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan metode survey dengan menjawab empat butir soal pilihan ganda beralasan. Penelitian dilakukan pada 23 mahasiswa tahun ketiga S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kekeliruan dalam memahami beberapa konsep, diantaranya (1) keliru dalam memahami konsep dari daya, dan (2) menganggap energi kinetik benda terus berkurang selama gaya yang dialami benda terus berkurang.