HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • M Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Lazuardi Rahman STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, critical thinking skills, learning outcomes, elementary school

Abstract

Abstract

The aim of this study was to reveal the relationship between critical thinking skills and student learning outcomes. Critical thinking skills have already been important research material in 21st-century learning activities. Students with critical thinking skills always evaluate ideas systematically and logically. Ideas were evaluated through a cognitive activity that was analytical thinking and uses mental processes in decision making. In addition, learning activities were inseparable from student learning outcomes because those were indicators to evaluate learning activities. This raises questions about the relationship between critical thinking skills and student learning outcomes, especially in elementary schools. This research used correlational design. Critical thinking skills and students learning outcomes were measured by written test. Data were analyzed with ANOVA and regression analysis. The subject of the research was the fifth-grade elementary school students. The results showed that there was a significant relationship between critical thinking skills and student learning outcomes. As an implication, these discoveries of research are needed by teachers in developing critical thinking skills in elementary school.

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kritis sudah menjadi bahan kajian penting dalam kegiatan pembelajaran abad 21. Siswa dengan keterampilan berpikir kritis selalu mengevaluasi ide secara sistematis dan logis. Ide dievaluasi melalui aktivitas kognitif yakni berpikir analitis dan menggunakan proses mental dalam pengambilan keputusan. Selain itu, kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari hasil belajar siswa karena merupakan indikator untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa, khususnya sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain korelasional, di mana keterampilan berpikir kritis sebagai prediktor dan hasil belajar sebagai kriteria. Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diukur dengan tes tertulis dalam bentuk uraian. Data dianalisis dengan ANOVA dan analisis regresi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Sebagai implikasinya, temuan penelitian ini diperlukan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar.

Published
2020-04-29