DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Safitri Yosita Ratri Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Digital Storytelling, IPS, Media pembelajaran, learning media, social science

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang inovatif masih tetap berlangsung dan perlu dikembangkan pada Sekolah Dasar (SD). Salah satunya yang dilakukan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sampai saat ini masih diasumsikan sebagai pelajaran yang membosankan dan menuntut hafalan, serta materi yang kurang sesuai dengan perkembangan masyarakat lagi. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan Digital Storytelling atau yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai dongeng digital.

Penggunaan Digital Storytelling bagi pembelajaran IPS, yang salah satu tujuannya adalah mengembangkan aspek afektif siswa, pada SD akan memberikan makna bahwa IPS sebagai mata pelajaran yang mampu untuk meningkatkan perasaan siswa diantaranya tentang penerimaan, respon, penilaian, dan pembangunan karakter. Bagi siswa, melalui pembelajaran IPS ini, Digital Storytelling akan menarik perhatian sehingga akan lebih termotivasi untuk belajar IPS. Siswa perlu dilatih sedini mungkin sebagai persiapan di masa mendatang supaya mampu memiliki pemahaman dan empati yang tinggi dalam menghadapi masalah sosial di lingkungannya.

Published
2018-10-08
Section
Articles