EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rizky Kusuma Wardani STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: desain riset, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, Model Learning Cycle 7E, Design Research, Critical Thinking Skills, Science Learning, Learning Cycle 7E Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan menerapkan model Learning Cycle 7E yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D dan diujicobakan di kelas IV sekolah dasar dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Hasil validasi silabus,  RPP, buku siswa, LKS, lembar penilaian hasil belajar, dan lembar penilaian hasil belajar kognitif keterampilan berpikir kritis berkategori valid, serta lembar penilaian hasil belajar kognitif proses berkategori sangat valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik,  siswa menyatakan bahwa LKS menarik dan mudah dipahami; serta 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari peningkatan hasil belajar keterampilan berpikir kritis mencapai N-Gain 0,91 berkategori tinggi, dan didukung data respon siswa yang  sangat positif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Simpulan dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran IPA dengan menerapkan model Learning Cycle 7E tersebut layak digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Published
2018-10-09
Section
Articles