KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA CALON GURU SD DALAM DISKUSI ILMIAH PADA MATA KULIAH TEACHING SCIENCE

  • Frista Meylinda STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: Calon Guru SD, keterampilan bertanya, jenis pertanyaan, Elementary education pre-service teacher, questioning skills, types of questions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaaan mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mata kuliah yang dijadikan objek penelitian adalah mata kuliah teaching science. Subjek penelitian ini adalah 14 mahasiswa PGSD STKIP Al Hikmah Surabaya Tahun Akademik 2017 – 2018. Data dikumpulkan dengan tiga teknik,yaitu observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya mahasiswa calon guru SD STKIP Al Hikmah masih rendah, hal ini ditunjukkan dari jenis pertanyaan mahasiswa calon guru sekolah dasar yang didominasi pertanyaan konvergen dan jenis pertanyaan tingkat rendah. Berdasarkan dari jenis pertanyaan konvergen dan divergen, mahasiswa calon guru sekolah dasar mengajukan 65,4% pertanyaan konvergen dan 34,6% pertanyaan divergen. Berdasarkan pertanyaan menurut TaksonomI Bloom, guru mengajukan 38,5% pertanyaan ingatan, 28,8% pertanyaan pemahaman,23,1% pertanyaan analisis dan 9,61% pertanyaan sintesis.

Published
2018-10-09
Section
Articles