PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

  • Slamet Widodo STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: peran guru, kurikulum 2013 edisi revisi, pembelajaran, kurikulum 2013, Teacher’s role, 2013 curriculum revise edition, learning

Abstract

Dunia pendidikan ke depan harus mampu menjawab tantangan-tantangan kemajuan zaman dan peradaban. Sekarang pendidikan harus mampu menghadapi era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan kurikulum 2013 yang kemudian direvisi berdasarkan kekurangan-kekurangan yang ditemukan. Bagi guru tentunya harus mampu berinovasi dalam pembelajaran, karena berdasarkan revisi tersebut berarti ada hal baru yang harus dirubah untuk menjadi lebih baik. Inovasi yang dapat dilakukan guru dalam menyikapi hal tersebut yakni: 1) guru harus mengajarkan spiritual dan sosial dengan cara mengintegrasikan dalam pembelajaran dan praktik sehari-hari dalam lingkungan sekolah (hidden curriculum), 2) guru melakukan inovasi silabus dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, dapat menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dan perkembangan zaman, 3) guru kreatif dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran (pendekatan, model, dan metode pembelajaran), bahkan khusus guru SD dapat menginovasi tema dan sub tema sesuai dengan kebutuhan, dan 4) guru mengaplikasikan kecakapan berpikir berbasis literasi digital teknologi pada semua level (low, middle, and high order thinking skill) sesuai dengan jenjang pendidikan  dan perkembangan siswa.

Published
2018-10-09
Section
Articles