KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (STUDI PENELITIAN DI SMP NEGERI 5 GARUT)

  • Yanti Mayasari STKIP Garut
Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

kemampuan koneksi matematis yang rendah dalam pembelajaran matematika berimbas pada hasil belajar siswa. Diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, salah satunya dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Menggunakan metode kuasi eksperimen di SMP Negeri 5 Garut dengan sampel dua kelas. Jenis instrumen berupa tes uraian dan non tes berupa angket. Teknik analisis data melakukan pengujian normalitas data dengan uji Lilliefors, uji Homogenitas Dua Varians, uji independent sample t test dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah tergolong tinggi; 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 3) Respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah tergolong baik.  

Published
2016-05-25