PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI BUDI TAMPAN DI KELAS IX BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME

  • Syaiful Bakhri STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: metode budi tampan, peningkatan hasil belajar, konstruktivisme

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Al Hikmah Surabaya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menalar. Hal tersebut
disebabkan oleh keterbatasan metode siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu hanya dengan menggunakan rumus yang telah berlaku. BudiTampan (Bukan Dihafal Tapi Menggunakan Pola dan Nalar) adalah salah satu inovasi metode penyelesaian masalah matematika dengan berdasar pada pola yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SMP Al Hikmah Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 tahapan dengan subjek penelitian 26 siswa laki-laki SMP Al Hikmah Surabaya. Data penelitian didapat dari hasil tes yang meliputi post-test rumus dan post-test budi tampan serta respon siswa terhadap metode tersebut yang didapat dari kusioner. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) mengetahui penerapan metode budi tampan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Al Hikmah
Surabaya pada materi barisan aritmatika, serta (3) mengetahui respon siswa terhadap metode budi tampan. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode budi tampan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, artinya metode ini berhasil membantu siswa menggunakan opsi atau cara lain dalam menyelesaikan masalah matematika, (2) Peningkatan hasil belajar siswa antara post-test rumus dengan post-test budi tampan mengalami kenaikan signifikan mencapai 100 %, artinya berhasil melampui KKM 75 dari rata-rata skor 40,96 menjadi 86,15 serta (3) Respon siswa terhadap metode budi tampan mencapai 48%, artinya terjadi respon positif terhadap metode tersebut. Sehingga, simpulan dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan metode budi tampan dalam materi barisan aritmatika dapat meningkatkan hasil
belajar siswa serta mendapatkan respon positif. 

Published
2016-05-25