PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN TGT PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP LAB SCHOOL UNESA

  • Mohammad Yusuf Efendi STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: hasil belajar, TGT, operasi aljabar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dekripsi penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Team Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Lab School UNESA Surabaya yang berjumlah 25 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan 43,47% dan setekah tindakan 82,6% (2)motivasi dalam belajar sebelum tindakan 75% dan setelah tindakan 96%, (3) keterlibatan dalam kelompok sebelum tindakan 35,3% setelah tindakan 70,59%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar. 

Published
2016-05-25