PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DAN METODE CERAMAH

  • Lestariningsih Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo
Keywords: Hasil Belajar, The Power of Two, Metode Ceramah, Turunan

Abstract

Strategi the Power of Two dirancang untuk mengoptimalkan belajar kolaboratif (bersama) dan meminimalkan kesenjangan antar siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran The Power of Two dan metode ceramah di kelas XI pada materi turunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo kelas XI. Analisis data dalam penelitian ini adalah menentukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran The Power of Two dan metode ceramah kelas XI pada materi turunan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji thitung yang melebihi tabel. Pada taraf signifikan 5% dan dk = 70 maka ttabel bernilai: 2,00. Dari pengujian uji-t diketahui bahwa hasil uji-thitung adalah 2,9436. Karena nilai thitung = 2,9436, maka H0 ditolak dan H1 diterima. 

Published
2016-05-25