Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas IIISDN Ketintang 1 Surabaya

  • Ika Retno Fitriyanti STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: Efektivitas, Perangkat Pembelajaran, Matematika Realistik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran matematika realistik di kelas 3 SDN Ketintang 1
Surabaya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif karena penelitian ini ingin mengetahui seberapa efektif penggunaan perangkat pembelajaran matematika realistik di kelas 3 SD, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran matematika realistik dinyatakan efektif karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan di atas KKM dan siswa memberikan respon yang positif.

Published
2016-05-25