Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis bagian hasil penelitian dan pembahasan artikel hasil penelitian mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia. Data yang dianalisis yaitu lembar kerja mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berupa artikel hasil penelitian tesis. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil dokumen artikel ilmiah yang terdapat pada program studi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Temuan penelitian tergambar sebagai berikut; kemampuan menulis artikel ilmiah bagian hasil penelitian dan pembahasan mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik yakni dengan nilai rata-rata 88.6. Penilaian setiap tahapan yaitu: (1) tahapan-1 (informasi tentang penelitian) mempunyai kualifikasi 95.5%, (2) tahapan-2 (pernyataan tentang hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 100%, (3) tahapan-3 (pernyataan tentang hasil penelitian yang (tak) terduga) mempunyai kualifikasi 83.3%, (4) tahapan-4 (penggunaan referensi dari penelitian sebelumnya) mempunyai kualifikasi 86.7%, (5) tahapan-5 (penjelasan tentang hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 100%, (6) tahapan-6 (ilustrasi untuk mendukung penjelasan hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 87.5%, (7) tahapan-7 (penafsiran peneliti terhadap temuan penelitian) mempunyai kualifikasi 79.2%, (8) tahapan-8 (saran peneliti sebagai implementasi praktis dari temuan penelitian) mempunyai kualifikasi  62.5%. Maka, kemampuan menulis artikel ilmiah bagian hasil penelitian dan pembahasan mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik yakni 88.6.