Abstract

Abstrak


Kegiatan interaksi sosial atau berkomunikasi dapat mendorong seseorang untuk memanfaat potensi penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa ini dapat divariasikan berdasarkan aspek situasional maupun kondisi dengan sarat makna sosial. Bahkan dalam proses interaksi seorang penutur sangat  memungkinkan dirinya untuk mengganti bahasa baik disengaja maupun tidak. Peristiwa inilah yang  disebut dengan peralihan bahasa atau  alih kode bahasa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk alih kode pada program keterampilan abad 21 ASEAN. Selanjutnya penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konstruksi diplomasi kebahasaan pada program keterampilan abad 21 ASEAN. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Wujud data pada penelitian ini berupa teks dokumen percakapan dan transkrip dari hasil wawancara. Data diperoleh melalui teknik observasi, catat, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang mengaitkan ketiga komponen yakni data display, data reduction dan conclusion drawing atau verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dapat dilihat baik sebagaian maupun terjadi secara keseluruhan.


Kata kunci: alih kode, diplomasi kebahasaan, mahasiswa