Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan berbahasa anak berusia 4 tahun yang diperoleh dari beberapa tayangan kartun di Rajawali Televisi (RTV). Teori yang digunakan adalah Kesemestaan Kognitif yang dipelopori oleh Piaget. Metode penelitian yang dimplementasikan adalah penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari anak berusia 4 tahun yang berdomisili di Serpong, Tangerang Selatan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode simak, libat, dan catat, yaitu menyimak, melibatkan diri dalam percakapan bersama objek penelitian dan menuliskan tuturan anak yang dijadikan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kartun memberikan sumbangsih terhadap pemerolehan bahasa anak. Hal ini dibuktikan ketika anak memahami ujaran dalam beberapa kartun, memahami maknanya, dan akhirnya mereproduksi ulang dalam berkomunikasi dengan orang lain.


Kata kunci: Pemerolehan Bahasa, Teori Kesemestaan Kognitif, Kartun, Televisi.