Abstract

Abstrak


Objek penelitian ini yaitu media iklan yang berada di Kota Tasikmalaya dengan menganalisis kesalahan ejaan atau tata tulis dilihat dari segi morfologi. Tujuan dari penelitian ini; 1) memaparkan ejaan pada penulisan media iklan terhadap tataran morfologi di Kota Tasikmalaya; 2) menganalisis kesalahan ejaan pada media iklan terhadap tataran morfologi di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sampel tulisan pada media iklan di Kota Tasikmaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahapan seabagai berikut; 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan kesimpulan. Bentuk-bentuk kesalahan pada media iklan tersebut meliputi kesalahan ejaan pengguanaan kata depan dan kata imbuhan, kesalahan penggunaan ejaan yang sudah tidak berlaku, serta kesalahan penulisan kata pada bahasa daerah dan bahasa asing (interferensi).


 


Kata kuci:kesalahan ejaan, media iklan, tataran morfologi.