Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip pemilihan bahan ajar, bagaimana langkah-langkah dalam pemilihan bahan ajar, sumber bahan ajar apa yang digunakan, dan bagaimana langkah-langkah penggunaan bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas X TIK SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X TIK SMK Negeri 1 Kota Bengkulu meliputi (1) prinsip relevansi, (2) prinsip konsistensi, dan (3) prinsip kecukupan. Langkah-langkah pemilihan bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X TIK SMK Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu, meliputi (1) mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar, (2) identifikasi jenis jenis materi pembelajaran, (3) memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan (4) memilih sumber bahan ajar. Sumber bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X TIK SMK Negeri 1 Kota Bengkulu antara lain (1) buku teks, (2) terbitan berkala seperti harian, mingguan, dan bulanan, (3) internet. Langkah-langkah pemilihan bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X TIK SMK Negeri 1 Kota Bengkulu meliputi, (1) strategi urutan penyampaian simultan, (2) strategi urutan penyampaian berurutan, dan (3) penyampaian strategi urutan prosedur.