Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prol komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan intelektual. Penentuan subyek dalam penelitian ini berdasarkan skor dari tes kecerdasan intelektual siswa kelas X. Berdasarkan hasil yang diperoleh kecerdasan intelektual tersebut dperoleh 3 dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian tersebut diperoleh dari hasil tes, wawancara, wawancara secara mendalam. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiap tingkatan kecerdasan intelektual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berbeda. Berdasarkan tingkat kecerdasan intelektual, siswa dengan IQ tinggi ceenderung lebih baik dalam hal komunikasi matematis secara tertulis dan lisan, siswa yang IQ sedang lebih cenderung memiliki komunikasi matematis secara tertulis, sedangkan siswa yang IQ rendah cenderung tidak memiliki komunikasi matematis tertulis dan lisan.