Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis literasi matematika siswa berkemampuan tinggi pada soal PISA. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 siswa dari 25 siswa kelas IX-G yang merupakan kelas unggulan matematika yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Tulis (Tes Literasi Matematika) dan Pedoman Wawancara. Data dianalisis secara deskriptif berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil Tes Tulis untuk menggambarkan literasi matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa laki – laki berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi 4 indikator literasi matematika, yaitu: 1)Siswa dapat menyelesaikan soal rutin yaitu soal yang biasa mereka terima di sekolah serta semua informasi yang relevan tersedia dengan pernyataan yang jelas, 2)Siswa dapat menafsirkan dan mengenali situasi dalam konteks yang memerlukan kesimpulan langsung. Dapat memilah informasi relevan dari data tunggal serta dapat menyajikan data secara tunggal. Siswa dapat mengerjakan algoritma dasar, menggunakan rumus  serta dapat melakukan proesdur dan konvensi sederhana, 3)Siswa dapat memilih dan menerapkan strategi pemecahan masalah yang sederhana. Siswa dapat menginterpretasikan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi yang berbeda dan mengkomunikasikan alasannya, 4)Siswa dapat melakukan konseptualisasi dan generalisasi dari sumber informasi yang berbeda. Siswa telah mampu berfikir dan bernalar secara matematika. Mereka dapat menerapkan pengetahuan, penguasaan, dan hubungan dari symbol  dan operasi matematika, mengembangkan strategi dan pendekatan baru untuk menghadapi situasi baru. Mereka dapat mengkomunikasikan dan mempresentasikan  apa yang mereka temukan.