Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Baitussalam Surabaya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan pembelajaran Quantum Teaching pada materi pokok Himpunan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Peningkatan rata-rata motivasi siswa untuk tiap siklus, pada kondisi awal skor motivasi siswa dari 27 orang siswa, yang termotivasi adalah 4 orang dengan presentase (14,81%), dan skor motivasi siswa pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 orang siswa termotivasi dengan persentase (22,22%), dan terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan II yaitu 14 orang siswa termotivasi dengan persentase (51,85%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran quantum teaching lebih baik dari pada motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran quantum teaching sangat potensial untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, terutama pada saat pengenalan konsep dasar suatu materi.