Pengembangan dan Validitas Instrumen Tes Diagnostik Kemampuan Matematika pada Materi Listrik Magnet

Authors

  • Hari Anggit Cahyo Wibowo Author
  • Faiz Hasyim Author
  • ahmad iqbal majid Author
  • firman ma'ruf Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/

Keywords:

pengembangan, validitas, instrumen tes diagnostik, kemampuan matematika, listrik magnet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik matematika yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan matematika calon guru fisika. Hal ini penting karena untuk memahami konsep fisika, mahasiswa memerlukan kemampuan matematika sebagai bahasa dalam menterjemahkan permasalahan fisika. Instrumen tes diagnostik ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan four-D. Ada empat langkah penelitian ini: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Proses validasi instrumen ada dua yaitu validasi ahli (ahli matematika, ahli fisika, dan ahli evaluasi) dan validasi empiris. Tiga validator ahli merekomendasikan ada 68% soal tes yang valid tanpa revisi, dan 32% harus direvisi. Berdasarkan hasil validasi empiris, sebesar 70% instrumen tes diagnostik matematika valid dan reliabel yang ditunjukkan dengan nilai alpha sebesar 0,729. 

Published

2019-10-31