Penerapan model probing prompting berpendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar materi gelombang
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
hasil belajar, probing prompting, gelombangAbstract
Secara umum pembelajaran di lapangan hanya berjalan satu arah, yaitu dari guru ke siswa sehingga siswa terbiasa bersikap pasif dalam pembelajaran. Selain itu, model pembelajan yang digunakan cenderung bersifat individual, dan sistem pembelajaran kerja kelompok yang ada hanya sekedar belajar bersama dalam satu tim. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran menjadi rendah sehingga ketuntasan secara klasikal belum tercapai. Oleh karenanya dilakukan penelitian tindkaan kelas dengan menerapkan model probing prompting yang bertujuan untuk mengetahui suasana kelas dan peningkatan hasil belajar siswa materi gelombang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model probing- prompting berpendekatan saintifik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar pada tanggal bulan Agustus 2019 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis saintifik tipe probingprompting memberikan kemudahan guru untuk melaksanakan pembelajaran sehingga menjadikan kelas menjadi aktif dan pembelajaran kooperatif berbasis saintifik tipe probing- prompting memberikan kemudahan kepada siswa untuk menguasai kompetensi. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua siklus, yaitu dari 75% pada siklus pertama menjadi 86.11% pada siklus kedua.