Peningkatan hasil belajar melalui implementasi model meaningful instructional design (mid) materi usaha dan pesawat sederhana

Authors

  • S. Sunarti Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/

Keywords:

Meaningful instructional design, hasil belajar, usaha dan pesawat sederhana

Abstract

Berdasarkan analisis awal, diketahui bahwa dari 8 kelas yang diampu peneliti terdapat 3 kelas dengan kategori rendah, salah satunya adalah kelas VIII - B. Hasil ulangan sangat rendah, yaitu ketuntasan ulangan harian materi sebelumnya hanya di bawah 60%. Selain itu, antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga rendah, hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang cuek dengan pelajaran IPA, sering bergurau bahkan mengobrol sindiri dengan teman. Temuan lain di kelas VIII - B, yaitu minimnya siswa yang berani menjawab pertanyaan atau bersedia bertanya dengan suka rela, umumnya siswa harus dipaksa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model Meaningful instructional design (MID). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model Meaningful instructional design (MID) pada materi usaha dan pesawat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII - B SMP Negeri 2 Gedeg dengan melibatkan 32 siswa dan peneliti dibantu oleh dua orang kolaborator/observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan model Meaningful instructional design (MID) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa, pembelajaran berjalan lebih efektif yang ditandaidengan meningkatnya antusias siswa, dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 

Published

2019-10-31