Penilaian Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Tes Integrated Science Process Skill (ISPS).

Authors

  • Anggian Anggraeni Author
  • Aulia Siska Yuliana Author
  • ina yuliana Author
  • sentot kusairi Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/

Keywords:

keterampilan proses sains, Integrated Science Process Skill, ilmu pengetahuan alam

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan suatu proses yang dilakukan siswa unutk menganalisis, Menyusun hipotesis, mengidentifikasi variable, dan mengiterpretasikan data. Sehingga siswa dapat menambah pengalaman dalam berpikir dan memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian tes tes Integrated Science Process Skill (ISPS) untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data penelitian diperoleh dari pemberian Tes ISPS kepada siswa dalam bentuk tes pilhan ganda beralasan. Data hasil analisis berdasarkan skor hasil penilaian siswa diperoleh 60% siswa yang memilki kemampuan proses sains dan 40% siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan proses sains. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat diketahui bahwa tes ISPS dapat digunakan untuk menilai keterampilan proses sains 

Published

2024-10-29