PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS FLIP HTML 5 DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD

Authors

  • M. Misbachul Huda M. Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya

Keywords:

Flip HTML 5, Pembelajaran daring, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Modul Berbasis Flip Html 5 dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD. Siswa kelas V merupakan salah satu kelompok siswa generasi alpa, yaitu generasi yang sangat dekat dengan tehknologi. Dalam pembelajaran daring, penggunaan gawai menjadi suatu kondisi yang sangat cocok dengan karakteristik generasi ini. Hadirnya e-modul yang dapat diakses dari gawai siswa dimanapun dan kapanpun sebagai sumber belajar merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Kepanjen 2 Jombang tahun akademik 2020/2021.  Teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling, dipeoleh siswa kelas VB dan VC sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi model ARCS. Proses perhitungan keseluruhan data statistik dilakukan dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasilnya diperoleh nilai Sig. (2-tailed) P < 0,05 dan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel sehingga hipotesis penelitian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Flip HTML 5 dalam pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD. Adanya pengaruh penggunaan e-modul dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar berimplikasi pada perlunya guru memperbanyak variasi berbagai aspek pembelajaran. Variasi dalam pembelajaran daring tidak hanya pada sumber belajar, tetapi juga pada media, tampilan, dan strategi pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-30