ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA EJAAN PADA KARYA TULIS ARGUMENTASI SISWA MADRASAH ALIYAH PRAMBON SIDOARJO
Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Ejaan, Teks ArgumentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa ejaan pada karya tulis argumentasi siswa Madrasah Aliyah Prambon Sidoarjo dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa ejaan pada karya tulis argumentasi siswa Madrasah Aliyah Prambon Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari hasil karya tulis siswa Madrasah Aliyah Prambon Sidoarjo berupa teks argumentasi. Analisis dokumen dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data penelitian menggunakan 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kesalahan berbahasa ejaan pada karya tulis argumentasi siswa Madrasah Aliyah Prambon Sidoarjo 1) kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 378 , 2) kesalahan penggunaan tanda titik sebanyak 87 , 3) kesalahan penggunaan tanda koma sebanyak 115, 4) kesalahan penggunaan tanda hubung sebanyak 9 , 5) kesalahan penulisan kata depan sebanyak 36 , 6) kesalahan penulisan kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya sebanyak 2, 7) kesalahan penulisan kata singkatan dan akronim sebanyak 101 , 8) kesalahan penulisan partikel pun sebanyak 2, 9) kesalahan penulisan gabungan kata sebanyak 11 , 10) kesalahan penulisan kata berimbuhan sebanyak 6. Terdapat beberapa faktor penyebab kesalahan berbahasa ejaan pada karya tulis argumentasi siswa Madrasah Aliyah Prambon Sidoarjo yaitu, 1) pengaruh bahasa ibu/bahasa pertama yang lebih dahulu dikuasai, yang biasanya digunakan di kehidupan sehari-hari mereka, 2) kurangnya pemahaman siswa tentang cara pemakaian kaidah-kaidah ejaan yang disempurnakan.