PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA MELALUI METODE DEMONSTRASIPADA SISWA KELAS XI A MA DARUSSALAM PASURUAN
Keywords:
Keterampilan Membaca, Membaca Berita, Metode DemonstrasiAbstract
Rendahnya keterampilan membaca teks berita siswa kelas XI A MA Darussalam Pasuruan, khususnya dalam pelafalan, artikulasi, intonasi, dan mimik wajah, menjadi latar belakang pada penelitian ini. Keterampilan membaca berita penting untuk meningkatkan keterampilan komunikasi serta menumbuhkan rasa percaya diri tatkala berbicara di depan umum. Hasil prasiklus menunjukkan bahwa 24 dari 31 siswa mendapatkan nilai di bawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) 75. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca teks berita siswa kelas XI A MA Darussalam Pasuruan melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan Kemmis dan McTaggart, yang melibatkan berberapa siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktik, observasi, dan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca teks berita siswa XI A MA Darussalam. Rata-rata nilai pra siklus siswa 60.96 dengan ketuntasan 23%, pada siklus I naik menjadi 75.23 dengan ketuntasan siswa 65%, kemudian pada siklus II naik menjadi 80.34 dengan ketuntasan siswa 87%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XI A MA Darussalam Pasuruan. dalam membaca teks berita.