PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI MA DARUSSALAM PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2024-2025
Keywords:
Membaca, Teks Prosedur Kompleks, Metode Demonstrasi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi dan kurangnya kemampuan membaca teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MA Darussalam, di mana berdasarkan observasi tanggal 17 Juli 2024, nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur kompleks kelas XI MA Darussalam banyak yang di bawah nilai KKM. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode demonstrasi digunakan sebagai metode alternatif dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI MA Darussalam tentang teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) Meningkatkan kemampuan membaca teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MA Darussalam dengan menggunakan metode demonstrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi data dan pre-test & post-test. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan guru bahasa Indonesia di MA Darussalam. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah, metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam membaca teks prosedur kompleks, yang terbukti tingkat ketuntasan sebesar 100% pada siklus 2.