PENERAPAN MEDIA KARTU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SD ISLAM AL-ILLIYIN GRESIK
Abstract
Hasil observasi di Kelas I SD Islam Al-Illiyin Gresik menunjukkan bahwa 65% siswa belum bisa membaca dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Kelas I SD Islam Al-Illiyin, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklusnya meliputi empat komponen yaitu perencanaan (planning), aksi/ tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Illiyin dengan melibatkan 8 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya hasil tes pada setiap siklus. Pada Siklus I, siswa yang keterampilan membacanya sudah tuntas yaitu 64% selanjutnya mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 95%. Selain itu, pengamatan dilakukan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dalam menggunakan media kartu meningkat pada Siklus II. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Begitu pula dengan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menjadi kriteria baik berdasarkan hasil observasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa Kelas I SD Al-Illiyin Gresik.