Implementasi Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Artikel Ilmiah Populer Siswa VIII MTs Darussalam Pasuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode resitasi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer pada siswa kelas VIII MTs Darussalam Pasuruan serta faktor yang menghambat dan mendukung implementasinya.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode resitasi mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa, utamanya jika ada beberapa keterbatasan di kelas, 2) metode resitasi juga mendorong kemandirian siswa dalam belajar dan menyelesaikan tugas, 3) Metode resitasi sebaiknya diaplikasikan dengan metode-metode belajar lainnya agar pembelajaran lebih menarik, seperti demonstrasi dan jigsaw. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode ini meliputi: 1) Antusiasme guru, 2) Motivasi siswa, 3) dan dukungan dari lingkungan sekolah yang kondusif. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pengajaran keterampilan menulis di tingkat SMP/MTs