POTRET HASIL TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX A MTs DARRUSALAM PASURUAN
Abstract
Mind mapping membantu memvisualisasikan hubungan antara berbagai aspek cerita, seperti karakter, alur, tema, dan setting, sehingga mempermudah siswa dalam merencanakan dan menulis cerpen secara lebih terstruktur. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai implementasi teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis cerpen kelas IX A di MTs Darrussalam Pasuruan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudiaan akan di analisis dengan mengunakan teknik analsis berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verisikasi. Keabsahand data pada penelitian ini berupa triangulasi teori dan triangulasi metode. data penelitian ini berupa aktivitas pembelajaran di kelas IX A dan hasil belajar siswa berupa mind mapping dan teks cerpen yang telah ditulis oleh siswa. Dari hasil pembelajaran siswa menunjukkan bahwa siswa memahami konsep dasar mind mapping, dan masih perlu untuk pengembangkan dalam penerapan cabang utama, kata kuci dan sub-cabang untuk memperkaya dan memperluas ide-ide mereka. Namun demikian, penggunaan mind mapping terbukti dapat membantu siswa dalam menulis cerpen, kerena siswa dapat mengorganisir ide dan alur cerpen dengan terstruktur dan baik.