Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V SDN TASIKMADU 2 Malang

Authors

  • kusniatinia372 Author
  • Slamet Widodo STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Ahmad Rifan Najih STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SDN Tasikmadu 2, siswa kurang mampu dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya dan tingkat kemampuan berpikir siswa hanya sampai pada tingkat memahami saja, terutama dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDN TASIKMADU 2 dengan melibatkan 22 siswa sebagai responden. Desain penelitian menggunakan eksperimen one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS. Uji normalitas menunjukkan bahwa data memiliki nilai signifikansi sebesar 0,894 (> 0.05), sehingga data dinyatakan ber distribusi  normal. Selanjutnya, uji homogenitas menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,711 (> 0,05), yang mengindikasikan bahwa distribusi data bersifat homogen. Pada tahap akhir, uji t dilakukan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05), yang menunjukkan adanya signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN TASIKMADU 2.

 

 

Downloads

Published

2025-01-31