PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS V MI
Keywords:
model pembelajaran, contextual Teaching and learningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas V MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Data awal menunjukan bahwa terdapat 30% peserta didik kelas V yang belum bisa menulis puisi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik Kelas V MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Harapannya, keterampilan menulis puisi peserta didik meningkat sehingga hasil belajarnya sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tindakan pada Siklus I dan II menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik. Tiap siklus berlangsung dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis puisi dan pengamatan catatan observasi lapangan. Instrumen yang digunakan menggunakan modul ajar, lembar observasi kelas, dan lembar tes peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengalami peningkatan, hal ini terbukti pada siklus I menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Dengan demikian pada siklus II sudah memperoleh hasil persentase di atas ketentuan indikator capaian yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik Kelas V MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya.