PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD

Authors

  • sunnanti Author
  • Wulida Arina Najwa STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Atika Maulidina Hs STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Abstract

Berdasarkan hasil observasi kelas V SD AL Furqon 2 Wedoroanom Driyorejo Gresik, ditemukan permasalahan tentang hasil belajar rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama keterampilan berbicaranya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture di SD Al Furqon 2 Wedoroanom Driyorejo Gresik. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar tes praktik keterampilan berbicara dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik Kelas V SD Al Furqon 2 Wedoroanom Driyorejo Gresik.

Downloads

Published

2025-01-31