PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPAS MELALUI QUIZIZZ UNTUK SISWA KELAS V SD ISLAM AL-ILLIYIN

Authors

  • arifluqmanhakim0742 Author

Keywords:

Motivasi belajar, IPAS, Quizizz

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar IPAS siswa Kelas V SD Islam Al-Illiyin masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPAS khususnya muatan IPA melalui Quizizz untuk siswa kelas V SD Islam Al-Illiyin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk mengukur tingkat motivasi siswa serta didukung dengan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat melalui penerapan pembelajaran dengan Quizizz pada siswa Kelas V SD Islam Al-Illiyin. Hasil tersebut berdasarkan triangulasi data dari observasi, angket, dan wawancara yang dilakukan pada Siklus I dan Siklus II. 

Published

2025-03-07