PENGARUH ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KEJAWAN PUTIH 1/243 SURABAYA

Authors

  • Nurul Havizah Author
  • Adhy Putri Rilianti STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Slamet Widodo STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Role Playing, Keterampilan Berbicara, Siswa SD

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang wajib dimiliki oleh peserta didik Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas III SD  Negeri Kejawan Putih 1/243 Surabaya, keterampilan berbicara siswa masih cenderung rendah seperti siswa masih mengalami kegagapan dalam menjawab pertanyaan meskipun pertanyaan masih berkaitan dengan diri siswa dan kesehariannya. Hasil wawancara bersama guru kelas III  SD Negeri Kejawan Putih 1/243 Surabaya, Guru cenderung masih sering menerapkan metode pembelajaran ceramah. Kurangnya pengintegrasian kegiatan pembelajaran terhadap keterampilan berbicara atau rendahnya praktek berbicara ini menjadi salah satu penyebab rendahnya keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Kejawan Putih 1/243 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Posttest only control design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara siswa. Karena kegiatan bermain peran menugaskan siswa untuk praktek berbicara dalam kelompok memerankan sebuah cerita yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi. 0,000<0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing ini mampu memberikan gambaran bahwa model tersebut dapat mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Role Playing juga dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-31