PERSEPSI SISWA SMA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • nitaliikmi07 Author
  • Anisa Fatwa Sari STKIP AL-HIKMAH Author

Keywords:

Persepsi, Media Pembelajaran, Matematika

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu sarana atau perantara yang digunakan dalam proses proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI di SMA Al Falah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Indikator untuk menggali persepsi siswa adalah (1) pengalaman penggunaan media dalam pembelajaran matematika, (2) Manfaat media pembelajaran, (3) tantangan dalam menggunakan media pembelajaran, dan (4) saran dan masukan dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran matematika 1) siswa belum memiliki banyak pengalaman dalam menggunakan media pembelajaran selama belajar matematika; 2) penggunaan media pembelajaran berpotensi menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika; 3) terdapat beberapa kendala saat menggunakan media dalam pembelajaran; 4) guru sebaiknya banyak memberikan penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan alat peraga sebagai media dalam pembelajaran matematika. Penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan membantu guru menjelaskan konsep matematika.

Downloads

Published

2025-04-30