Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Kelas V SDN I Ngijo
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, siswa Kelas V SDN 1 Ngijo Malang masih mengalami kesulitan dalam menyimak cerita dongeng, siswa juga bosan dan kurang antusias, sehingga hasil belajarnya kurang. Padahal, harapannya siswa mampu menguasai keterampilan menyimak sesuai standar yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan tersebut, maka keterampilan menyimak siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita dongeng siswa Kelas V SDN 1 Ngijo Malang melalui media audio visual. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart dengan prosedur empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 1 Ngijo dengan melibatkan 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Hasil tes pada Siklus I pertemuan 1 menunjukkan bahwa semua siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian pada pertemuan kedua terdapat perbaikan. Di akhir Siklus I, siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 68%. Setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada Siklus II, hasil tes siswa menunjukkan bahwa 96% siswa pada pertemuan 1 & 2 telah mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa SDN 1 Ngijo.