Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas V SD Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik
Abstract
Variasi metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Masih kurangnya variasi model dan media pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar PKn yang diperoleh siswa SD Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik. Sebanyak 53% siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Furqon sepanjang tahun ajaran 2024-2025 dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah, antara lain perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siswa Kelas V SD yang berjumlah 34 orang sebagai subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi, sedangkan instrumennya yaitu lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang menerapkan tindakan model PjBL pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Temuan studi menunjukkan bahwa hasil belajar pada Siklus I mencapai 71,42%, sedangkan hasil belajar pada Siklus II mencapai 91,18%. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran PKn materi Pengetahuan Lokal dan Perubahan Sosial.