PEMANFAATAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD AL-FURQON 1 GRESIK
Keywords:
Wordwall, Motivasi belajar , IPA, SDAbstract
Pembelajaran di kelas seharusnya dilakukan secara variatif. Kurangnya variasi dalam metode pembelajaran dapat berdampak negatif terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan pengamatan awal di Kelas IV SD Al Furqon 1, motivasi belajar siswa masih rendah. Dampaknya, sebagian besar siswa belum memahami konsep dasar IPA karena metode pembelajaran yang kurang efektif. Implementasi Wordwall dapat membuat pembelajaran IPA lebih interaktif dan menarik melalui berbagai template kuis yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Al-Furqon 1 melalui penggunaan Wordwall. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 20 siswa. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan Word Wall pada pembelajaran IPA.Hasil menunjukkan pada siklus 1 hanya 80% siswa kategori sedang dan 20% kategori rendah. Pada siklus 2, seluruh siswa 100% mencapai kategori tinggi, melampaui standar keberhasilan 75%. Peningkatan ini didukung refleksi diri dan variasi media Wordwall. Media ini terbukti efektif meningkatkan motivasi pembelajaran IPA.