Penerapan Problem-Based Learning Terintegrasi Nilai Ketangguhan pada Materi Pola Bilangan SMP Al Maahira IIBS Malang
Keywords:
Problem Based Learning, Ketangguhan, Pola BilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil penerapan Problem-Based Learning terintegrasi nilai ketangguhan pada materi pola bilangan untuk generasi Alpha di SMP Al Maahira IIBS Malang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah mixed method. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket yang telah divalidasi oleh 3 validator. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata penerapan Problem-Based Learning terintegrasi nilai ketangguhan terlaksana dengan sangat baik, nilai rata-rata observasi mencapai 98,7. Dalam hasil tes peserta didik, sebanyak 13 dari 16 peserta didik (81,25%) memperoleh skor di atas 80, memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sementara 3 peserta didik lainnya (18,75%) mendapatkan skor di bawah 80, dengan 2 di antaranya masih berada di atas skor 50. Hal ini menunjukkan bahwa Sebagian besar peserta didik mampu memenuhi standar pembelajaran yang ditetapkan. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa rata-rata ketangguhan peserta didik adalah 3,9 (50%) dari skala maksimal 5, hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari hasil angket sebelumnya yang memiliki nilai rata-rata 3,6 (33,3%). Yaitu meningkat 0,3 (16,7%) yang mengindikasikan bahwa ketangguhan peserta didik berada pada Tingkat sedang. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning yang terintegrasi nilai ketangguhan memberikan hasil positif dalam meningkatkan pemahaman konsep pola bilangan dan membangun ketangguhan peserta didik.