UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KEPUHARJO

Authors

  • qaidahnuril Author
  • Adhy Putri Rilianti STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Keterampilan Membaca, Membaca Berita, Metode Demonstrasi, buku bergambar

Abstract

Minat membaca memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan siswa. Namun, siswa kelas IV SDN 2 Kepuharjo masih menunjukkan minat membaca yang rendah, yang disebabkan oleh kurangnya keinginan siswa dan terbatasnya fasilitas buku bacaan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui kegiatan membaca buku bergambar di kelas IV SDN 2 Kepuharjo. Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan buku yang sesuai dengan minat siswa agar mereka terbiasa membaca dan merasa senang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari tiga tahap siklus: perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN 2 Kepuharjo dengan 28 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara, dengan instrumen berupa lembar kuesioner, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian Siklus I menunjukkan adanya peningkatan minat membaca siswa, yang semula 57.77% menjadi 85.71%. Peningkatan ini terjadi setelah diterapkannya media buku bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku bergambar dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas IV SDN 2 Kepuharjo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2025-01-31