PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI BERBASIS AUGMENTED REALITY
Keywords:
media pembelajaran, Augmented Reality, hasil belajar.Abstract
Hasil observasi di Kelas VI SD Negeri Tasikmadu 1 menunjukkan bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dan kurang antusias dengan media pembelajaran yang digunakan di kelas. Kondisi tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan wali kelas yang mengemukakan bahwa para siswa sudah terbiasa dengan media berbasis teknologi. Akan tetapi, media tersebut tidak secara aktif melibatkan para siswa dalam penggunaannya. Hasil belajar siswa juga masih rendah yang dibuktikan dengan total nilai IPA dengan rata-rata 71, dengan persentase hanya 58% siswa mencapai nilai lebih dari 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA khususnya muatan IPA melalui penerapan media pembelajaran tiga dimensi berbasis augmented reality (AR). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart yang dilakukan melalui siklus dengan tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tasikmadu 1 dengan melibatkan 28 siswa Kelas VI sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen, observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar studi dokumen, lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan media pembelajaran AR. Hasil tersebut dibuktikan dengan 80% siswa mendapat nilai di atas 75 pada akhir Siklus 1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan media pembelajaran AR.