Penggunaan Media Gambar Tempel untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Penjumlahan Matematika Siswa Kelas I SD
Keywords:
Media gambar , Motivasi, MatematikaAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas dan observasi di Kelas I SDN Tasikmadu 1 Malang, motivasi belajar siswa belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas I SDN Tasikmadu 1 Malang melalui media gambar tempel. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & McTaggart dengan prosedur empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di SDN Tasikmadu 1 dengan melibatkan peserta didik Kelas I A dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru, observasi pembelajaran, dan angket sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi pembelajaran, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian Siklus 1 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang semula kurang dari 70% menjadi 92%. Peningkatan tersebut terjadi setelah diterapkan media gambar tempel pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa Kelas I SDN Tasikmadu 1 dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran gambar tempel pada mata pelajaran Matematika.