PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SD NEGERI TASIKMADU 1 MALANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO
Keywords:
Hasil Belajar, Video Pembelajaran, IPASAbstract
Era digital adalah periode dimana kemajuan teknologi terjadi secara global. Sebagai generasi masa kini, rasanya tidak lengkap jika kita hanya belajar melalui penjelasan guru tanpa dapat menyaksikan secara visual apa yang sedang berkembang di dunia luar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Salah satu penerapan teknologi dalam bidang pendidikan adalah penggunaan media video sebagai alat bantu pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Tasikmadu 1 Malang, Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) menunjukkan bahwa 56% siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Siswa terlihat kurang aktif dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri Tasikmadu 1 Malang menggunakan media pembelajaran video. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan McTaggart. Proses ini menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Tasikmadu 1 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan empat metode yaitu, studi dokumen, observasi, tes, dan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman studi dokumen, lembar observasi, lembar tes, dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya pembelajaran IPAS menggunakan media pembelajaran video.