PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET PADA SISWA KELAS II SD ISLAM KHARISMA
Keywords:
Media Pembelajaran konkret, Hasil Belajar, Matematika, SDAbstract
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti di SD Islam Kharisma, hasil belajar Matematika siswa Kelas II B belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). KKTP yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Islam Kharisma menggunakan media pembelajaran konkret. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas II SD Islam Kharisma. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran konkret. Hasil tersebut dibuktikan dengan 78% siswa telah mencapai KKTP dengan rata-rata nilai 78,33. Dengan demikian, hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Islam Kharisma meningkat melalui penerapan media pembelajaran konkret.