PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS II MI ISLAMIYAH

Authors

  • hujjah Author
  • M. Misbachul Huda STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Heri Miarto, S. Pd., M. M STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Media Gambar-Hasil Belajar-Simbol-simbol Pancasila.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah guna mengenali serta mendeskripsikan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar yang bisa menambah hasil belajar materi simbol-simbol sila pancasila di MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya dengan jumlah siswa yaitu 28 siswa, dimana terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan aturan pelaksanaan tindakan yaitu dilaksanakannya 2 siklus dalam penelitian. Pada pelaksanaan siklus pertama dilakukan sebanyak dua kali pertemuan yaitu 2x35 menit dengan materi simbol dan sila-sila Pancasila menggunakan media pembelajaran gambar. nilai Standar Ketuntasan Minimum yang mesti dipenuhi siswa wajib mendapatkan nilai≥ 75 yang ditetapkan di MI Islamiyah Jeruk Lakarsantri Surabaya. Pada siklus 1 dari 28 siswa kelas 2 cuma 12 yang tuntas belajar serta 16 siswa belum tuntas, sehingga pengamat mengadakan siklus 2 guna bisa menyudahi materi serta meraih nilai KKM yang sudah ditetapkan. Pada siklus 1 menampilkan kenaikan rata- rata hasil belajar siswa secara individual dari 72 dengan persentase ketuntasan 53%. Nilai rata- rata siswa naik pada siklus ini, siswa tampak bersemangat serta tertarik dengan media pembelajaran gambar yang digunakan. Pada siklus 2 menampilkan kenaikan skor rata-rata hasil belajar siswa 92 dengan kenaikan persentase ketuntasan siswa pada siklus 2 jadi 85% serta terhitung dalam kriteria ketuntasan siswa sangat baik serta baik dan dinyatakan sukses.

Downloads

Published

2025-01-31