Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB melalui Media Pembelajaran Visual Kelas V di SD Negeri Tasikmadu 1 Malang

Authors

  • qoniatussyahidah2 Author
  • Wulida Arina Najwa STKIP Al Hikmah Surabaya Author
  • Atika Maulidina Hs STKIP Al Hikmah Surabaya Author

Keywords:

Peningkatan hasil belajar siswa, SD, Pendidikan Matematika Kelas V

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas V SD Negeri Tasikmadu 1, Matematika merupakan pelajaran yang mempunyai banyak ide dan konsep yang kreatif sehingga banyak yang mengira bahwa mata pelajaran ini sangat sulit dipahami dan membosankan. Masih banyak pula ditemukan pendidik yang menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan media pembelajaran. Kondisi tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Tasikmadu 1 melalui penerapan media pembelajaran visual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tasikmadu 1 dengan melibatkan 16 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes dan kuesioner sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes peserta didik dan lembar kuesioner peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB Kelas V SD Negeri Tasikmadu Malang dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran visual. Hasil tersebut dibuktikan dari hasil tes pada Siklus I yaitu 80% siswa sudah mencapai KKTP setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran visual.

Downloads

Published

2025-01-31