PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDI AL-ILLIYIN GRESIK
Keywords:
metode quantum learning, keterampilan membacaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami isi cerita. Oleh karena itu, perlu dicari solusi agar masalah dapat teratasi yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning. Penerapan Quantum Learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas keterampilan membaca cerita dan dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan nilai standar KKM di Kelas III SDI Al-Illiyin. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas III SDI Al-Illiyin Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktik membaca, wawancara, dan observasi dengan instrumen lembar tes praktik membaca, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan. Namun sebelumnya peneliti menggunakan pra tindakan untuk mengetahui kemampuan siswa. Pada pra tindakan peneliti mendapatkan nilai persentase kelas 10 %, dengan nilai rata rata kelas 59,4.. Pada Siklus I hasil tes praktik keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan. Begitu pula Siklus II juga mengalami peningkatan. hal ini terbukti pada siklus I menjadi 40% dengan rata rata kelas 64,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan nilai rata - rata kelas 75,4. Dengan demikian pada siklus II sudah memperoleh hasil persentase di atas ketentuan indikator capaian yang dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran quantum learning berbantuan buku cerita bergambar bisa meningkatkan keterampilan membaca siswa SDI Al Illiyin kelas III.